PENGEMBANGAN KEWIRAUSAHAAN UMKM : SUATU TANTANGAN DI ERA EKONOMI DIGITAL
Abstract
Perkembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lambat laun semakin pesat. Bukan hanya mampu memperbaiki taraf kualitas kehidupan secara personal si pemilik UMKM, namun juga turut andil menambah jumlah tenaga kerja produktif. Berbagai lahan usaha saat ini telah dimasuki oleh UMKM. Bukan hanya di sisi retail, namun juga di sektor-sektor bisnis besar. Sayangnya, dari jumlah tersebut, lebih dari 90 persen masih bermain di ranah offline. Tentu, itu bukan jumlah yang sedikit, jika kita lihat dari kacamata dunia digital. Sejatinya, sebaik-baiknya bisnis, para pemain UMKM itu juga dapat merambah dunia digital dalam sektor bisnis yang sama. Untuk memberikan sumbangsih terhadap negara harus dimulai dari usaha kecil, dengan adanya perkembangan teknologi di era digital ini kita harus membuka peluang bisnis. Efisiensi biaya dengan cara harus mengetahui cashflow dalam setiap bisnis. Pihak pemerintah harus memberikan gambaran yang utuh mengenai pentingnya UMKM bersaing di era sekarang ini. Harapannya UMKM dapat menumbuhkan prekonomian indonesia, dengan melakukan hirilisasi dengan menjual produk yang berupa barang jadi bukan barang mentah yang belum diolah.
Kata Kunci: UMKM, Bisnis, Digital, Cashflow, Hilirisasi
Kata Kunci: UMKM, Bisnis, Digital, Cashflow, Hilirisasi
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.