Cover Image

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI E-COMMERCE OLEH UMKM DI KABUPATEN BANYUMAS BERDASAR THEORY OF PLANNED BEHAVIOR

Rini Widianingsih, Agus Sunarmo, Dona Primasari

Abstract


Sektor usaha andalan Kabupaten Banyumas terdiri dari usaha: perdagangan, hotel, restoran, angkutan, komunikasi dan jasa-jasa, dengan variasi sektor: industri pengolahan, perdagangan, jasa, pertanian, dan pengangkutan, dengan cakupan pemasaran: orientasi lokal, regional, nasional, dan ekspor. Disadari atau tidak, pemanfaatan teknologi informasi berbasis komputer menjadi suatu keharusan bagi masyarakat apabila ingin meningkatkan kualitas pekerjaan yang membutuhkan pengolahan data, salah satunya melalui electronic commerce (e-commerce). E-commerce yang berbasis internet ini merupakan evolusi dari EDI (Electronic Data Interchange), di mana proses komunikasi data menjadi lebih cepat dan tepat, dan efisien. Analisis dilakukan untuk mengetahui implementasi e-commerce oleh pelaku UMKM dalam merencanakan strategi pemasaran berdasar Theory of Planned Behavior. Hal tersebut didasari bahwa tiap UMKM di Kabupaten Banyumas memiliki kesempatan untuk memperluas pemasaran dengan cara mengimplementasikan e-commerce. Kelayakan model didasarkan pada kriteria goodness of fit model.
Theory of Planned Behavior dapat diaplikasikan untuk menilai keperilakuan para pelaku UMKM dalam mengimplementasi e-commerce ke dalam strategi usaha. Para akademisi dapat menggunakan hasil kajian ini sebagai referensi untuk menggagas penelitian tentang keperilakuan berdasar Theory of Planned Behavior, dan membantu pelaku UMKM dalam mengembangkan strategi pengembangan usaha melalui implementasi e-commerce.
Kata kunci : UMKM, e-commerce, Theory Of Planned Behavior.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.