Cover Image

KINERJA LEMBAGA AMIL ZAKAT /LAZ DALAM PERSPEKTIF KEUANGAN DAN CUSTOMER (Studi Kasus Di Kabupaten Banyumas)

Dwita Darmawati, M. Arifin Mukti, Wahyudin

Abstract


Sustainable competitive Advantage merupakan isu yang perlu diperhatikan oleh
semua organisasi, tidak terkecuali organisasi non profit seperti Lembaga Amil Zakat (LAZ).
Agar dapat bertahan, menjadi keharusan bagi LAZ untuk memiliki keunggulan competitive
dengan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dan terus menerus melakukan evaluasi
terhadap kinerja organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kinerja LAZ dalam
perspektif customer dan keuangan; serta menggali permasalahan yang dialami Lembaga Amil
Zakat (LAZ) di Kabupaten Banyumas dalam mengelola dana Zakat, Infak, Shodaqoh (ZIS).
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Data dikumpulkan melalui
wawancara, kuisioner dan studi pustaka.
Berdasarkan analisis disimpulkan bahwa 1) kinerja LAZ dalam perspektif keuangan
sudah baik. Tolok ukur dalam perspektif yang digunakan yaitu jumlah pengumpulan dan
penyaluran dana ZIS terus mengalami kenaikan. 2) Adapun kinerja dalam perspektif
customer, belum menggembirakan. Hal ini ditunjukkan dengan belum puasnya customer (
muzakki dan mustahik) akan pelayanan LAZ. Keandalan, empati dan tangible merupakan
faktor kendala dalam memberikan pelayanan kepada customer (3) Permasalahan yang
dialami oleh LAZ adalah keterbatasan SDM yaitu sedikitnya jumlah SDM dibanding beban
kerja; seringnya terjadi perputaran karyawan. dan status legalitas LAZ. Beberapa implikasi
diberikan oleh penelitian ini.

Full Text:

View Journal

Refbacks

  • There are currently no refbacks.