PENGARUH KOMPETENSI, KOMITMEN, DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP IMPLEMENTASI E-PROCUREMENT PADA KINERJA PEGAWAI PENGADAAN BARANG/ DAN JASA KABUPATEN PEMALANG

Afifudin Fauzan, Suliyanto Suliyanto, Tabrani Tabrani

Abstract


Tujuan dilakukannya pada penelitian ini adalah untuk 1) Untuk menganalisis pengaruh kompetensi pegawai terhadap kinerja pegawai, 2) Untuk menganalisis pengaruh komitmen pegawai terhadap kinerja pegawai, 3) Untuk menganalisis pengaruh motivasi pegawai terhadap kinerja pegawai, 4) Menganalisis pengaruh penerapan e-procurement terhadap kinerja pengadaan barang dan jasa.

Metode penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian survey dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan data yang berupa kuesioner. Metode teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengunakan Partial Least Squaer (PLS) dengan Software SmartPLS.

Berdasarkan simpulan atas hipotesis maka dapat dirumuskan simpulan atas masalah penelitian yaitu implementasi e-procurement dipengaruhi oleh kompetensi dan motivasi kerja, sehingga peningkatan implementasi e-procurement dapat dilakukan melalui peningkatan kompetensi pegawai dan motivasi kerja pegawai. Kinerja pegawai barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten Pemalang dipengaruhi oleh kompetensi, komitmen organisasi dan implementasi e-procurement sehingga peningkatan kinerja pegawai barang dan jasa di Pemerintah Kabupaten Pemalang dapat dilakukan melalui peningkatan kompetensi, komitmen organisasi dan implementasi e-procurement.


Keywords


kompeternsi, komitmen, motivasi, kinerja pegawai

References


Sri Mulyani. (2018). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. Bandung : Abdi Sistem Matika,

Amstrong, Michael and Baron. (1998) Performance Management. London Institute of personnel and Development. Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Ansori, H.A,. (2015). Jurnal : Analisis Pengaruh Kompetensi Dan Promosi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Sekretariat Daerah Kabupaten Bungo. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi Vol.015, No.01, 50–60,

Dewi Indriasih, Aminul Fajri, Dinda F (2022), Jurnal : Pengaruh Komitmen Organisasi, Sistem Pengendalian Internal, Kompetensi Pemerintah Desa, Transparansi, dan Aksesibilitas Laporan Keuangan Terhadap Akuntabilitas Pengelolaan Dana Desa. Volum.03. No.04

Giri Sucahyo, (2009). Inovasi Layanan Publik melalui E-procurement, Makalah Pembekalan Layanan Pengadaan Barang Secara Elektronik. Bappenas. Jakarta: LKPP.

Gunistiyo, G., Budiyanto, B., & Suwitho, S. (2023). DEVELOPING MARKETING PERFORMANCE THROUGH ORDER-BASED PRODUCT CLONING CAPABILITY ON SMALL METAL INDUSTRY. International Journal of Economics, Commerce and Management, (11), 605-623.

Gunistiyo, G., Waskito, J., & Utami, Y. (2021). Indonesia stock exchange: Abnormal return amid pandemic. Jurnal Inovasi Ekonomi, 6(01), 15-20.

Hutapea dan Thoha. (2008:28). Kompetensi Plus. Jakarta : PT. Gramedia

Syamsir Torang. (2012). Metode Riset Struktur dan Perilaku Organisasi. Bandung : CV. Alfabeta

Tri Wahyudi,. (2019) Joernal : Pengaruh Motivasi Kerja dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa, Sekreatariat Daerah Kabupaten Lampung Tengah. Vol 02, No.02,.

Veithzal Rivai,. (2005). Performance Appraisal; Sistem yang Tepat untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahan. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada,.

Wibowo,.(2016). Manajemen Kinerja, Depok-Jakarta-14240., Edisi Kelima, PT. Raja Grafindo Persada,.

Wina Sanjaya,. (2005:34). Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis

Kompetensi,. Jakarta: CV. Kencana Media Group,.

Yusni, (2022), Joernal : Pengaruh Implementasi E-procurement dan Komitmen Organisasi Terhadap Pencegahan Fraud Pengadaan Barang/ dan Jasa Dengan Sistem Pengendalian Internal Pemerintah Sebagai Variabel Moderasi,Vol.05 No.02 jurnal Inobis,




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v25i2.3694

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :