PENERAPAN HOUSE OF QUALITY DALAM UPAYA PENINGKATAN KUALITAS KUE BAKPIA DARI BAKPIAPIA-DJOGDJA

Bagas Gumintang, Mohammad Irham Akbar

Abstract


Quality Function Deployment (QFD) adalah suatu teknik pengembangan produk yang menerjemahkan kebutuhan konsumen menjadi suatu aktivitas untuk perkembangan produk dan jasa. Penelitian ini menggunakan QFD untuk mengidentifikasi kebutuhan pelanggan atas suatu produk bakpia dari perusahaan Bakpiapia-Djogdja, dan mencari cara untuk memenuhi keinginan konsumen. Dari penelitian ini teridentifikasi permintaan konsumen yang memiliki tingkat kepentingan tertinggi, yaitu bakpia yang dimasak dengan matang. Dari delapan belas karakteristik teknis yang teridentifikasi, pelatihan karyawan merupakan karakteristik teknis yang berelasi kuat dengan karakteristik teknis lainnya. Hasil perhitungan dari tingkat kepentingan pada karakteristik teknis menunjukkan bahwa pelatihan karyawan merupakan kontributor tertinggi untuk mengembangkan bakpia secara keseluruhan. Adanya tingkat kepentingan karakteristik teknis, korelasi, dan kesulitan teknis akan diurutkan dan diintegrasi untuk mengembangkan strategi yang sangat efektif.


Keywords


Quality Function Deployment, House of Quality, Kualitas Produk, Bakpia

References


Hair Jr, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis. 8th. Pearson New International Edition.

Heizer, J., Render, B., & Munson, C.(2017). Operations Management, 12th edition. Pearson. England.

Kotler, P., & Keller, K. L.(2016). Marketing Management, 15th edition, Pearson Education. England.

Kotler, P., dan Armstrong, G. (2018). Principles of Marketing, 17th edition. Pearson Education Limited. United Kingdom.

Park, S. H., Ham, S., & Lee, M. A. (2012). How To Improve The Promotion Of Korean Beef Barbecue, Bulgogi, For International Customers. An Application of Quality Function Deployment. Appetite, 59(2): 324–332.

Pramono, G.P., Iqbal, M., & Wulandari, S. (2015). Design Improvement of Packaging of Kerupuk Strawberry Kencana Mas Using Quality Function Deployment Method. e-Proceeding of Engineering, 2(1): 956-965.

Schindler, P. S. (2019). Business Research Methods, 13th edition, Mc Graw Hill Education. New York.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Ummi, N., Ferdinant, H. F., S.M. Ade Irman., & Gunawan A. (2018). Integration of Quality Function Deployment (QFD) and Fuzzy Theory Model for Improving Quality of Cassava Opak Chips. Quality Engineering, 13(3): 309 – 317.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v25i1.3507

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :