PERAN MEDIASI BRAND TRUST PADA PENGARUH PRODUCT KNOWLEDGE DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN MAHASISWA UNTUK KULIAH DI UNIVERSITAS PERADABAN

Umar Seno Bayu Aji, Siti Zulaikha Wulandari, Nur Choirul Afif

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh product knowledge, brand trust, brand image terhadap keputusan mahasiswa. Menganalisis pengaruh brand image terhadap keputusan mahasiswa untuk kuliah di Universitas Peradaban yang dimediasi brand trust. Subyek yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Universitas Peradaban Bumiayu tahun 2021. Teknik pengambilan sampling dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik probability sampling yaitu proportionate stratified random sampling dengan jumlah sampel 96 orang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis   regresi berganda dan sobel test. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa product knowledge, brand trust dan brand image mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa.  Brand trust dapat memediasi pengaruh brand image terhadap mahasiswa untuk kuliah di Universitas Peradaban. Artinya keputusan mahasiswa untuk kuliah di Universitas Peradaban dapat ditingkatkan secara tidak langsung melalui brand trust.

 

Peningkatan product knowledge dapat dicapai dengan  meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang peringkat akreditasi semua program studi di Universitas Peradaban, pengetahuan tentang program studi yang ditawarkan Universitas Peradaban, pengetahuan tentang besarnya biaya pendidikan didasarkan atas jumlah SKS yang di tempuh sangat terjangkau, pengetahuan tentang Universitas Peradaban menitik beratkan pada pendidikan kehidupan akademik yang berlandaskan nilai-nilai islami, pengetahuan tentang lulusan Universitas Peradaban  puas dengan pelayanan pendidikan yang diberikan . Perbaikan brand trust dapat dicapai dengan memperhatikan tingkat keyakinan masyarakat terhadap Universitas peradaban mewujudkan cita-cita, yakin Universitas Peradaban memudahkan untuk mendapat pekerjaan, percaya Universitas Peradaban perguruan tinggi sewasta yang handal. Perbaikan brand image dapat dicapai dengan memperhatikan kualitas tenaga pengajar Universitas Peradaban, keunikan kehidupan akademik Universitas Peradaban yang berbeda dengan PTS sejenis lainnya, lulusan Universitas Peradaban mampu memberikan konstribusi yang positif pada masyarakat,  rekomendasi dari berbagai perusahaan sebagai tenaga kerja mereka dan merasa  lebih percaya diri ketika kuliah di Universitas Peradaban.


Keywords


Brand trust; Product knowledge; Brand image; Keputusan Mahasiswa

References


Aaker, David A. dan Alexander L. Biel. (2009). Brand Equity and Advertising: Advertising Role in Building Strong Brand. Lawrence Erlbaum Associates. Inc., Hillsdale.

Aisah, Iin Nur & Wahyono. (2018). The Influence Of Store Atmosphere, Product knowledge And Brand image Toward Purchase Decision Through Word Of Mouth. Management Department, Faculty of Economics, Universitas Negeri Semarang, Semarang, Indonesia

Angga Pandu Wijaya1, Intan Tri Annisa. (2020). The Influence of Brand image, Brand trust and Product Packaging Information on Purchasing Decisions. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi. Vol. 18 No. 1 (2020) pp. 24-35

Bala Rima Parawati, Haryanto Aris Tri. (2021). Peranan Consumer Knowledge Dan Kemudahan Prosedur Terhadap Kepuasan dan Keputusan Menabung dI PT BKK Jawa Tengah Cabang Sragen. Excellent: Jurnal Manajemen, Bisnis dan Pendidikan. Vol 8, No 1 (2021); p. 61-69

Balaji, Kumar Roy dan Sadeque. (2016). Antecedents and consequences of university brand identification. Journal of Business Research. xxx (2016) xxx–xxx

Baron, R.M. dan D.A. Kenny. (1986). ‘The Moderator-mediator variable distinction in social psychological research: conceptua ;, strategic, and statistical considerations’, Journal of personality and social psychology, 51 (6) : 173-182.

Brakus, J.J., Schmitt, B.H & Zarantonello, L. (2009). Brand Experience: What is it? How is it Meassured? Does it Affect Loyalty?. Journal of Marketing, Vol.73, No.2

Bian, X., & Moutinho, L. (2011). The role of brand image, product involvement, and knowledge in explaining consumer purchase behaviour of counterfeits: Direct and indirect effects. European Journal of Marketing, 45(1),191–216.

Delgado., et al, (2003). Development and Validation of a Brand Trus Scale, International, Journal of Market Research,vol 45, No1,PP 35-34.

Delgado, E., Munuera, J.L. and Yague, M.J. (2010). Development and validation of a brand trust scale. International Journal of Market Research, Vol.45 No.1, pp. 35-54

Delgado. (2017). Does brand trust matter to brand equity?. Journal of Product and Brand Management, Vol; 14(3): 187-96

Dumortier, Evans, Grebitus, & Martin, (2017). The Influence of Trust and Attitudes on the Purchase Frequency of Organic Produce. Journal of International Food & Agribusiness Marketing. Volume 29, 2017 - Issue 1

Dwyer, F. R., Schurr, P.H. & Oh, S. (1987). Developing buyer-seller relationship", Journal of Marketing, Vol.51, No.2, pp.11-27

Engel, Blackwell, Miniard. (2012). Perilaku Mahasiswa. Tangerang: Binarupa Aksara

Ferrinadewi, Erna, (2011), Merek & Psikologi Mahasiswa Implikasi pada Strategi. Pemasaran, edisi Pertama, Graha Ilmu. Yogyakarta

Garbarino, E. and Johnson, M.S. (1999), “The different roles of satisfaction, trust

and commitment in consumer relationship”, Journal of Merketing, Vol. 63 No. 2, pp. 70-78

Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Gurves, & Kocia. (2003). Peran Kepercayaan Pada Merek. Manajemen Usahawan Indonesia. Edisi1/XXXVII

Hanzaee, K., & Ghafelehbashi, S. (2012). The Role of Product Involvement, Knowledge, and Perceptions in Consumer Purchase Behavior of Counterfeits: Perspective Islamic Country. Journal of Basic and Applied 2(1), 418–425.

Helen Inseng Duh. (2020). Generic medicine brand knowledge structure, relationships and purchase. International Journal of Pharmaceutical and Healthcare Marketing Vol. 14 No. 4.

Hoyer, Wayne D, dan Deborah J. Macinnis, (1997), Consumer Behavior, Boston: Houghton Mifflin Company.

Howard, Jhon A, Shay dan Christoper. (2009). Measuring The Effect of Marketing Information on Buying Intentions. Journal of Servise Marketing. Vol 32.

No 2

Ibnu Auf Ubaidi, Reminta Lumban Batu. (2020). Pengaruh Product Involvement Dan Product knowledge Terhadap Keputusan Pembelian Mahasiswa Honda Mobilio. Jurnal MEBIS (Manajemen dan Bisnis) - Vol. 5, No. 2

Ismanto Juli. (2017). Analisis Pengaruh Persepsi Mahasiswa Pada Unsur-Unsur Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Ipwija Program S2 (Pasca Sarjana). Econosains. – Volume XV, Nomor 1, Maret 2017

Kerlinger, Fred N dan Pedhazur, Elazar J, (2002), Korelasi dan Analisis Regresi Ganda, Nur Cahya, Yogyakarta

Kotler, Philip, (2016), Manajemen Pemasaran, Edisi Bahasa Indonesia, Jakarta: Salemba Empat.

Kotler, Amstrong. (2016). Principles of Marketing. Sixteenth Edition Global Edition. England. Pearson Education Limited

Kotler, Keller, (2016). Manajemen Pemasaran, Jakarta: Erlangga.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. (2016). Manajemen Pemasaran. edisi 12 Jilid 1. & 2.Jakarta

Lau, G. T. Dan Lee, s. H, (2009). Consumers Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty, Journal of Market Focused Management pp. 341-370

Mahsa-Sadat,Taghavi Alireza, S. (2015). The effect of packaging and brand on children’s and parents’ purchasing decisions and the moderating role of pester power. British Food Journal, Vol. 117 No. 8, 2015.

Melinda Aurelia. (2014). Pengaruh Attractiveness, Credibility dan Brand Association Terhadap Brand image” (Studi Kasus Pada Mahasiswi di Semarang Yang Menggunakan Product knowledge Pon's Flawless White). Thesis, Prodi Manajemen Unika Soegijapranata

Hafizh Novansa dan Ali, Hapzi, (2017), Purchase Decision Model : Abalysis of Brand image, Brand Awareness and Price (Case study SMECO Indonesia

SME Product ). Journal of Humanities and Social Sciences, Vol 2. No 8.

Hal 621-632

Peter J. Paul. dan Jerry C. Olson (2014). Perilaku mahasiswa dan strategi pemasaran. Edisi. Sembilan. Buku 2.penerbit salemba empat. Jakarta

Rangkuti, Freddy. (2012). Strategi Brand image Yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated. Marketing Communication, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

Rinawati Wika. (2008). Kepuasan Mahasiswa Terhadap Product knowledge Dan Layanan Makanan Restoran “Student Corner” Jurusan Pendidikan Teknik Boga Dan Busana (Ptbb) Fakultas Teknik UNY. JPTK .Vol.17, No.1, Mei.

Rizan, M., B. Saidani, dan Y. Sari. (2012). Pengaruh Brand image dan Brand trust Terhadap Brand Loyalty Teh Botol Sosro. Jurnal Riset Manajemen Sains Indoneisa, Vol. 3, No. 1, pp. 1-17

Saleh Sitompul. (2021). Pengaruh Pengetahuan Label Halal Dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Melalui Rekomendasi Kelompok Sebagai Variabel Moderatin. Jurnal Kajian Ekonomi Hukum Syariah. ol. 7 No. 1 Februari 2021, Hal. 50-64

Song, Wang, & Han (2019). Effect of image, satisfaction, trust, love, and respect on loyalty formation for name-brand coffee shops. International Journal of Hospitality Management . Volume 79, May 2019, Pages 50-59

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suliyanto (2018). Metode Penelitian Bisnis untuk Skripsi, Tesis, & Disertasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Sumarwan, Ujang. (2014). Perilaku Mahasiswa Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Ghalia Indonesia. Bogor

Sumarwan, Ujang dan Fandy Tjiptono. (2018). Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Mahasiswa. Bogor: IPB Press

Swasta Basu, Dharmesta dan Irawan, (2008). Manajemen Pemasaran Modern. Liberty, Yogyakarta

Tamboto, F. C., Pangemanan, S. S., & Program, M. (2019). the Influence of Product knowledge and Product Involvement Toward Purchase Decision of Nissan Cars Customers. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(1), 861–870

Tjiptono, Fandy. (2014), Pemasaran Jasa – Prinsip, Penerapan, dan Penelitian, Andi. Offset, Yogyakarta.

Zulfi & Fadillah. (2019). Pengaruh Pengetahuan Merek, Asosiasi Merek, Dan Reputasi Merek, Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Sepatu Vans di Kota Bogor). JIMKES Jurnal Ilmiah Manajemen Kesatuan Vol. 7 No.2, Oktober 2019 pg. 223 - 231




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v24i3.3351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :