PEMANFAATAN MARKET PLACE GRABFOOD & GOFOOD DALAM PENINGKATAN PENJUALAN PADA UMKM FOOD AND BEVERAGES MAO-MAO CIREBON

Muhammad Agustian Fandriansyah

Abstract


Penjualan yang dilakukan oleh pelaku usaha merupakan suatu kegiatan yang harus berjalan dengan baik, karena dengan penjulan yang baik maka pendapatan usaha akan meningkat. Penjualan yang baik disertai dengan strategi pemasaran yang terkonsep, hal ini agar strategi yang di buat memiliki dampak untuk mencapai sesuai target market. Peran teknologi sangatlah dibutuhkan oleh pelaku usaha, karena di zaman sekarang segala sesuatu sudah berdampingan dengan teknologi. UMKM Mao-mao adalah salah satu UMKM yang memanfaatkan teknologi marketplace grabfood dan gofood dalam memasarkan produknya dan menunjang peningkatan penjualan dari segi online. Dalam penelitian ini menggnakan metode kualitatif deskriptif dengan cara melakukan observasi dan wawancara. Wawancara yang dilakukan adalah untuk mengetahui aplikasi marketplace grabfood dan gofood memiliki manfaat bagi usaha Mao-mao dalam meningkatkan penjualan. Hasil dari penelitian ini adalah UMKM Food and beverages Mao-mao Cirebon dalam mengoperasionalkan bisnisnya dengan cara offline dan online. Pen jualan online yang memakai jasa grabfood dan gofood, penjualan yang dilakukan dengan cara online memberikan hasil yang baik karena memberikan dampak kenaikan omzet mencapai 40%.


Keywords


Marketplace, Grabfood & Gofood, UMKM, Penjualan

References


Apriadi, D., & Saputra, A. Y. (2017). E-Commerce berbasis marketplace dalam upaya mempersingkat distribusi penjualan hasil pertanian. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem dan Teknologi Informasi), 1(2), 131-136.

Cahya, A. D., Aminah, A., Rinaja, A. F., & Adelin, N. (2021). Pengaruh Penjualan Online di masa Pandemi Coviv-19 terhadap UMKM Menggunakan metode Wawancara. Jesya (Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Syariah), 4(2), 857-863.

Claudya, L. (2022). Analisis strategi pemasaran dalam upaya meningkatkan penjualan pada masa pandemi covid-19 di warung bintangbali, ubud: Analysis of marketing strategies in an effort to increase sales during the covid-19 pandemic at the Bintangbali stall, Ubud. Jurnal Ilmiah Pariwisata dan Bisnis, 1(3), 697-715.

Krisnawati, D. (2018). Peran perkembangan teknologi digital pada strategi pemasaran dan jalur distribusi UMKM di Indonesia. Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana, 6(1), 69-74.

Mumtahana, H. A., Nita, S., & Tito, A. W. (2017). Pemanfaatan Web E-Commerce untuk meningkatkan strategi pemasaran. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 3(1), 6-15.

Novianti, T. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Pesan Antar Makanan Grab Food Dalam Meningkatkan Penjualan Pada Soto Kudus di Jakarta. Asian Journal of Accounting And Information Managemet, 1(1), 27-30.

Rachmawati, R. (2011). Peranan bauran pemasaran (marketing mix) terhadap peningkatan penjualan (sebuah kajian terhadap bisnis restoran). Jurnal Kompetensi Teknik, 2(2).

Rifkhi, M., Argo, J. G., & Yuliniar, Y. (2021). Pemanfaatan Digital Marketing Pada Pelaku UMKM Kuliner di Kecamatan Cibinong. In Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar) (Vol. 2, pp. 1125-1138).

Semiawan, C. R. (2010). Metode penelitian kualitatif. Grasindo.

Setiyorini, E. S., Noorachmat, B. P., & Syamsun, M. (2018). STRATEGI pemasaran produk olahan

hasil perikanan pada UMKM Cindy Group. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen

Pengembangan Industri Kecil Menengah, 13(1), 19-28.

Sidiq, U., Choiri, M., & Mujahidin, A. (2019). Metode penelitian kualitatif di bidang pendidikan. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1-228.

Suci, Y. R. (2017). Perkembangan UMKM (Usaha mikro kecil dan menengah) di Indonesia. Jurnal Ilmiah Cano Ekonomos, 6(1), 51-58.

Suryadi, D. F., & Ilyas, M. I. F. (2018, December). Adopsi online food delivery service bagi wirausaha pemula di kota Makassar (Studi kasus pada Big Bananas). In Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M).

Tumpuan, A. (2020). Peranan Aplikasi Go Food Terhadap Perkembangan Bisnis Kuliner. TOURISM: Jurnal Travel, Hospitality, Culture, Destination, and MICE, 3(1), 26-30.

Vernia, D. M., Widiyarto, S., Narsih, D., & Tiwinyanti, L. (2020). Sosialisasi dan pembekalan strategi pemasaran produk olahan pisang pada siswa pondok. Jurnal Pengabdian UntukMu NegeRI, 4(1), 125-128.

Widharta, W. P. (2013). Penyusunan strategi dan sistem penjualan dalam rangka meningkatkan penjualan toko damai. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(2), 1-15.

Wigati, S. (2011). Perilaku Konsumen Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Maliyah: Jurnal Hukum Bisnis Islam, 1(1).

Wulandari, P. A., Iryanie, E., & Heldalina, H. (2019, December). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUSAHA KULINER DI BANJARMASIN MEMANFAATKAN E-COMMERCE (STUDY KASUS GOFOOD DAN GRABFOOD). In Proceeding of National Conference on Asbis (Vol. 4, pp. 239-259).

Yuniwati, Y. Y. (2020). Faktor Motivasional Niat Pembelian Makanan Dan Minuman Melalui Grabfood Di Indonesia. Agribusiness Journal, 14(1).




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v24i3.3350

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :