ANALISIS PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU DENGAN MENGGUNAKAN METODE MATERIAL REQUIREMENT PLANNING (MRP)

Siti Zahrotul Uyun, Adi Indrayanto, Retno Kurniasih

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus pada persediaan bahan baku produk beton di PT. Tiara Ready Mix Ciamis. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pelaksaaan pengendalian persediaan bahan baku produk beton di perusahaan untuk mengetahui jumlah pemesanan dan waktu yang tepat dalam melakukan pemesanan bahan baku sehingga mampu meminimalkan total biaya persediaan yang dikeluarkan oleh perusahaan dengan menggunakan metode Material Requirement Planning (MRP).

Hasil analisis menunjukkan bahwa biaya persediaan paling efisien yaitu menggunakan metode MRP, dengan lot sizing yang digunakan yaitu POQ. Perhitungan POQ menunjukkan bahwa biaya persediaan bahan baku yang efisien dikeluarkan oleh perusahaan sebesar Rp30.996.913.120,- yang artinya dapat meminimalisir biaya persediaan sebesar 74% dari biaya persediaan senyatanya yaitu sebesar Rp117.742.013.800,-.

Kemudian pada perhitungan uji t didapat bahwa t-hitung (1,975) > t-tabel (1,943) dan p-value (0,048) < α (0,05) yang berarti signifikan. Maka terjadi perbedaan antara biaya persediaan senyatanya dibandingkan dengan biaya persediaan menggunakan metode MRP dan dengan lot sizing POQ.

Implikasi dari kesimpulan diatas yaitu dalam upaya mengendalikan persediaan bahan baku terkait biaya, perusahaan perlu mempertimbangkan dalam hal perencanaan kebutuhan bahan baku.  Membuat jadwal induk produksi dapat memastikan kuantitas yang akan diproduksi pada periode selanjutnya, sehingga dalam melakukan pembelian bahan baku dapat dipastikan pula untuk setiap jumlahnya agar tidak mengalami overstock dan pemborosan pada biaya persediaan yang dikeluarkan.


Keywords


Pengendalian Persediaan, Bahan Baku, MRP

References


Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Revisi. Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Chandra, Herry P. 2001. Material Requirement Planning. Jakarta : Erlangga.

Haming, Murdifin dan Mahfud Nurnajamuddin. 2014. Manajemen Produksi Modern : Operasi Manufaktur dan Jasa. Buku Kesatu. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Heizer, Jay dan Barry Render. 2005. Operations Management. Terjemahan oleh Ir. Kresnohadi Ariyanto, MBA. Buku 1. Edisi Kesembilan. Jakarta : Salemba Empat.

¬¬__________. 2016. Manajemen Operasi: Manajemen Keberlangsungan dan Rantai Pasokan. Edisi Kesebelas. Jakarta : Salemba Empat.

Hendra, Kusuma. 2009. Manajemen Produksi: Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Edisi Keempat. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Irwansyah, Dwika Ery. 2010. Penerapan Material Requirement Planning (MRP) dalam Perencanaan Persediaan Bahan Baku Jamu Sehat Perkasa pada PT. Nyonya Meneer Semarang. Tidak Dipublikasikan. Skripsi. Semarang : Universitas Dipenogoro. http://eprints.undip.ac.id/19378/1/skripsi.pdf . Diakses pada tanggal 31 Mei 2019.

Kurniawan, Wawan. 2008. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku di Perusahaan Kecap Segitiga Majalengka. Tidak Dipublikasikan. Skripsi. Bogor : Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. http://repository.ipb.ac.id/bitstream/handle/123456789/2988/A08wku1.pdf . Diakses pada tanggal 29 Mei 2019.

Kusumawati, Aulia dan Agung Dwi Setiawan. 2017. Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Tempe Menggunakan Material Requirement Planning. Jurnal Teknik Industri Universitas Serang Raya, Vol. 3, No. 1b, hal 168-173.

Rangkuti, Freddy. 2007. Manajemen Persediaan : Aplikasi di Bidang Bisnis. Edisi Kedua. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Rimawan, Erry. Dana Santoso Saroso, Puspita Eka Rohmah. 2018. Analysis of Inventory Control with Material Requirement Planning (MRP) Method on IT 180-55gsm F4 Paper Product at PT. IKKP, Tbk. Jurnal Universitas Mercu Buana, Vol. 3, No. 2, hal 569-581.

Wahyuni, Asvin dan Achmad Syaichu. 2015. Perencanaan Persediaan Bahan Baku dengan menggunakan Metode Material Requirement Planning (MRP) Produk Kacang Shanghai pada Perusahaan Gangsar Ngunut-Tulungagung. Jurnal Teknik Industri STT POMOSDA, Spektrum Industri Vol. 13, No. 2, hal 141-156.

Yamit, Zulian. 2003. Manajemen Produksi dan Operasi. Edisi Kedua. Yogyakarta : Ekonosia FE-UII.

__________. 2008. Manajemen Persediaan. Yogyakarta : Ekonosia FE-UII.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v22i1.1568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :