Pengaruh Motivasi Kerja Intrinsik Dan Keadilan Prosedural Terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) Dan Kinerja Karyawan KPP Pratama Purwokerto

Drajat Verianto

Abstract


Drajat Verianto. Program Pasca Sarjana Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto.Pengaruh Motivasi KerjaIntrinsikDan Keadilan Prosedural  Terhadap Organizational Citizenship Behavior(OCB)danKinerja KaryawanKPP Pratama Purwokerto. Pembimbing Utama: Wiwiek Rabiatul Adawiyah, M.Sc., Ph.D, Pembimbing Kedua: Dr. Negina Kencono Putri, S.E, M.Si, Ak.

Penelitian bertujuan untuk menganalisis pengaruh motivasi kerja intrinsik, keadilan prosedural terhadap Organizational Citizenship Behaviordan kinerja karyawan KPP Pratama Purwokerto, serta menganalisis pengaruh Organizational Citizenship Behaviorterhadap kinerja karyawan KPP Pratama Purwokerto. Penelitian ini juga menganalisis pengaruh peran mediasiOrganizational Citizenship Behaviordalam hubungan dengan motivasi intrinsik dan keadilan prosedural terhadap kinerja karyawan KPP Pratama Purwokerto. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode survey. Metode pengambilan sampel menggunakan simple random sampling, survey dilakukan terhadap 95 responden yang merupakan karyawan KPP Pratama Purwokerto.Metode analisis data yang digunakan adalah regresi linier berganda dan regresi metode mediasi.

Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas, maka dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa motivasi kerja intrinsik, dan keadilan prosedural mempunyai pengaruh signifikan terhadap Organizational Citizenship Behavior; motivasi kerja intrinsik dan keadilan prosedural mempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja; Organizational Citizenship Behaviormempunyai pengaruh signifikan terhadap kinerja; Organizational Citizenship Behaviormempu menjadi variabel media pada hubungan antara motivasi kerja dan keadilan prosedural dengan kinerja. 

Implikasi penelitian ini adalah untuk meningkatkan OCB dan juga kinerja pada karyawan KPP Pratama Purwokerto, beberapa hal yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan motivasi intrinsiknya antara lain dengan mendorong karyawan untuk meningkatkan potensi yang pada diri karyawan serta memberikan kesempatan kepada karyawan untuk menyelesaikan setiap pekerjaan dengan penuh tanggung jawab, peningkatan OCB dan juga kinerja pada karyawan KPP Pratama Purwokerto juga dapat dengan memperbaiki persepsi keadilan pada diri tiap karyawan.  Manajemen dapat melakukannya dengan melakukan penilaian prestasi bagi karyawan secara adil dan transparan, kinerja pada karyawan KPP Pratama Purwokerto juga dapat dilakukan dengan memperbaiki OCB pada karyawan.  Hal-hal yang dapat dilakukan antara lain dengan mengikutsertakan karyawan dalam setiap kegiatan yang diadakan organisasi, memberikan informasi yang jelas kepada karyawan seputar pekerjaannya, dan meningkatkan kerjasama antar karyawan dalam menyelesaikan pekerjaan.




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v20i3.1148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :