Pengaruh tingkat pendidikan, pelatihan akuntansi, umur usaha, dan skala usaha pelaku UMKM terhadap penggunaan informasi akuntansi di Kecamatan Purwokerto Utara

Delfina Novianti, I Wayan Mustika, Lilik Handaya Eka

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara statistik pengaruh variabel tingkat pendidikan pelaku UMKM, pelatihan akuntansi yang diikuti pelaku UMKM, umur usaha, dan skala usaha UMKM terhadap penggunaan informasi akuntansi di Kecamatan Purwokerto Utara. Metode pengambilan sampel penelitian menggunakan proportionate stratified random sampling berjumlah 102 orang pemilik atau manajer UMKM di Kecamatan Purwokerto Utara. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer. Teknik pengumpulan data dengan teknik survei dengan cara menyebarkan kuesioner. Metode analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) yang diolah dengan menggunakan bantuan software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pendidikan dan pelatihan akuntansi secara parsial berpengaruh positif terhadap penggunaan informasi akuntansi di Kecamatan Purwokerto Utara. Semua variabel independen kecuali umur usaha dan skala usaha berpengaruh positif terhadap penggunaan informasi akuntansi.


References


Blocher, E.J. et al. (2009). Manajemen biaya: Penekanan strategis (buku 1, edisi ketiga). Alih bahasa oleh Tim Penerjemah Penerbit Salemba. Jakarta: Salemba Empat.

Das, A.K. dan Dey, N.B. (2005). Financial management and analysis practices in small business: An exploratory study in India. Working Paper, http://sbaer.uca.edu/research/icsb/2005/paper53.pdf (diakses pada tanggal 25 Oktober 2017).

Dinas Perindustrian, Perdagangan, dan Koperasi. (2014). Data UMKM di Kabupaten Banyumas tahun 2014. Banyumas.

Fitriyah, H. (2006). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi pada usaha kecil menengah Kabupaten Sidoharjo. Tesis. Fakultas Ekonomi Universitas Airlangga Surabaya. (Tidak Dipublikasikan).

Holmes, S. dan Nicholls, D. (1988). An analysis of the use of accounting by Australian small business. Journal of Small Business Management.

Holmes, Scott and Des, Nicholls. 1989. Modelling The Accounting Information Requirement of Small Business. Accounting and Business Research, 19(74), 143-150.

Ikhsan, A. dan Suprasto, H.B. (2008). Teori akuntansi dan riset multiparadigma. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Jogiyanto, H.M. (1990). Analisa dan desain sistem informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

________________. (2010). Metodologi penelitian bisnis: Salah kaprah dan pengalaman-pengalaman (edisi pertama). Yogyakarta: BPFE.

Kotler, P. (2002). Manajemen pemasaran (jilid 1, edisi milenium). Jakarta: Prehallindo.

Kurniawati, E.P., Nugroho, P.I., dan Setyawati, D. (2012). Penerapan akuntansi untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM): Studi kasus pada usaha dagang Kota Salatiga. Jurnal Manajemen Keuangan, 10(2), 1-10.

Muchdorroh, S. (2012). Pengaruh skala usaha, pendidikan pemilik, pengalaman pemimpin, jenis usaha, persepsi pemilik usaha terhadap penggunaan informasi akuntansi pada usaha kecil dan menengah. Skripsi. Universitas Muria Kudus. (Tidak Dipublikasikan).

Marbun, B.N. (1996). Manajemen perusahaan kecil. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.

Mulyadi. (2003). Sistem akuntansi. Yogyakarta: STIE YKPN.

Murniati. (2002). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penyiapan dan penggunaan informasi akuntansi pada pengusaha kecil dan menengah di Jawa Tengah.

Pinasti, M. et al. (2007). Pengaruh penyelenggaraan dan penggunaan informasi akuntansi terhadap persepsi pengusaha kecil atas informasi akuntansi: Suatu riset eksperimen. Jurnal Riset Akuntansi Indonesia, 10(3), 321-331.

Pratiwi, U. (2008). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan sistem informasi akuntansi pada perusahan getuk goreng di Kabupaten Banyumas. Jurnal Kajian dan Pengembangan Akuntansi, 3(1).

Rahmawati. (2012). Teori akuntansi keuangan (edisi pertama). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Riduwan dan Kuncoro, E.A. (2010). Cara menggunakan dan memaknai path analysis (analisis jalur). Bandung: Alfabeta.

Rini, A.D. (2016). Relevansi sikap dan pengalaman pelaku UMKM muda dalam pemahaman akuntansi dan pengaruhnya terhadap keberhasilan bisnis. Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu dan Call For Papers Unisbank.

Sari, D.P. (2011). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penyediaan dan penggunaan informasi akuntansi pada UKM di Kecamatan Rumbai Pesisir. Skripsi. Universitas Riau. (Tidak Dipublikasikan).

Sriwahyuni, D.R, Fatahurrazak, dan Munthe, I.L.S. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi pada Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kota Tanjungpinang.

Sujarweni, V.W. (2015). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Suliyanto. (2005). Metode riset bisnis. Bandung: Alfabeta.

Suwito dan Herawaty. (2005). Analisis pengaruh karakteristik perusahaan terhadap tindakan perataan laba yang dilakukan oleh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. SNA VIII Solo.

Sekaran, U. (2006). Metodologi penelitian untuk bisnis (jilid 1, edisi keempat). Jakarta: Salemba Empat.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2008 Tentang Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah.

Wahyudi, M. (2009). Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan informasi akuntansi pada usaha kecil dan menengah di Yogyakarta. Tesis. Universitas Negeri Diponegoro Semarang. (Tidak Dipublikasikan).




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v20i3.1098

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :