Analisis perilaku konsumen terhadap produk batik tulias Banyumas

Retno Kurniasih

Abstract


Peningkatan industri batik menjadi peluang sekaligus menjadi tantangan bagi pelaku usaha industri batik. Peluang menjadi semakin terbuka lebar sejak batik ditetapkan sebagai warisan budaya. Persaingan terjadi bukan hanya di dalam negeri saja, melainkan dari berbagai negara. Hal ini menjadi tantangan bagi pelaku usaha batik tradisional yang masih berskala mikro kecil dan menengah yang mengalami kesulitan dalam memasarkan produknya. 

 

Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh pelaku usaha batik adalah dengan memahami bagaimana karakter, kebutuhan, dan keinginan konsumen agar produk batik yang diproduksi diminati oleh konsumen. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian adalah di Banyumas dan sekitarnya, dengan menggunakan data primer berupa tanggapan responden dan data sekunder lainnya.Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui perilaku konsumen batik tulis secara umum dan khususnya niat berperilaku konsumen dalam membeli produk batik tulis banyumas. 

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen batik tulis didominasi oleh kalangan usia usia 41-50 tahun. Konsumen batik tulis juga didominasi oleh kaum wanita. Dari segi pendidikan didominasi oleh konsumen dengan pendidikan Sarjana. Sebagian besar konsumen batik tulis adalah bekerja sebagai PNS. Pendapatan paling banyak yaitu antara Rp. 3.000.000-Rp. 5.000.000. Sebagian besar responden menyatakan bahwa mereka membeli batik tulis di toko/butik/showroom batik yang ada disekitar responden. Kisaran harga batik yang dibeli yaitu kurang dari Rp 500.000. Dalam melakukan pembelian konsumen memiliki beberapa pertimbangan, antara lain, pertimbangan motif sebanyak 39%, kecocokan dengan selera sebanyak 25%, warna sebanyak 11%, harga sebanyak 13%, dan kehalusan kain sebanyak 12%. Hal-hal tersebutlah yang mendasari keputusan pembelian batik tulis.

Kata Kunci: Batik, Perilaku Konsumen




DOI: https://doi.org/10.32424/jeba.v20i1.1082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Indexed by :

Partnership with Professional Association :